Celoteh Upik

Friday, October 06, 2006

Namanya juga Usaha.....

Ya...namanya juga usaha!


Awalnya aku selalu berpikir bahwa aku tidak bisa MENJUAL apa-apa. Tidak punya kemampuan untuk menjadi penjual. Kepikir mau jual apa juga ga bisa, ga kreatif. Itu sebabnya aku tdk pernah tertarik posisi marketing. Maunya yang ga bersinggungan dengan marketing aja.

Tapi, setelah bekerja beberapa tahun, tiba-tiba saja muncul keinginan pengen usaha sendiri. Lebih tepatnya siiih...pengen punya penghasilan tapi ga mau kerja yang nine to five dan stressfull. Tapi apa yang bisa aku kerjain? lantas terbayang lah pekerjaan yang keliatannya menyenangkan menurutku.
Jadi Private teacher? ga pernah... jadi MC ga bisa juga, jadi translatter ga mungkin ... jadi apa dong? yang paling gampang buat dapet uang yaa berdagang lah. Hmm, secara dari dulu antipati dengan dagang...males lah aku mencobanya.

Aku ikut beberapa milis untuk mengusir kebosanan kerja, juga nambah temen dan biar tau dunia di luar kantor... Salah satu (atau salah dua) milis yang aku ikuti adalah tentang milis memasak, DapurBunda dan NCC.
Saat di NCC lah aku jadi makin rajin coba-coba resep di rumah. Sampai satu ketika aku mencoba resep brownies kukus yang mula2 ngetop di Bandung, ibu ku bilang, coba dijual sekali2. Masih malu jualan (duuh, jualan kan halal yaa...koq malu sih? piciknya pikiranku ), aku cuma rajin bawa kue hasil uji coba ke kantor. Semua bilang enyaaa...kk.

Sampe satu hari di bulan Juli setahun lalu, seorang teman minta di buatkan 8 loyang oval Brownies... Haaa??? sambil kaget aku jawab, ya....padahal maaah, takuuut banget gagal.
Seketika sore itu juga aku langsung ke pasar jatinegara, karena bahan yang ada di rumah ga cukup. Kemudian sampe di rumah langsung nguprek di dapur dengan dandang, mixer dan loyang. Mulai buat jam setengah 7 malam, kelarnya jam 9 malam. Fiuuh.... selesai juga pesanan perdana ini.
Keesokan harinya aku bawa 8 loyang oval brownies kukus yang ternyata oleh si pemesan, dibagi2kan ke teman2 dekatnya sebagai gift ulang tahunnya. Laah..lah, aku saja lupa bahwa teman se divisi ku ini sedang berulang tahun...

Akibat nya...jadi seperti promosi yang tak disengaja, orang se kantor tau bahwa kue itu dipesan ke aku. Hari itu tanpa aku sadari, ternyata aku sudah menjadi penjual. Lalu, pesanan brownies kukus itu tidak hanya berhenti di 8 loyang..... besoknya ada lagi, lagi dan lagi. Sampe aku modali dengan timbangan digital, sendok ukur, timer. Beruntung aku beli perlalatan itu, karena membantu sekali jika banyak pesanan. Ternyata keuntungan nya bisa balik modal dengan harga timbangan digital ku. Apalagi ketika ikutan bazaar di kantor adikku....aku buat banyaaaak sekali brownies kukus. Ceritanya test nyali jadi pedagang. Tidak banyak yang bersisa, alhamdulillah...

Bulan lalu aku menjual seprei ..cukup banyak juga yang pesan. Terus mendekati bulan puasa ini, aku menjual Sarung. Alhamdulillah ...ga terasa koq lama2 jadi jual macem2 yaa... ;-))
Hal yang dulu bagiku ga mungkin, bahkan tidak terbayang sama sekali ....
Walopun belum pintar2 amat jualan, tapi setidaknya aku pernah dagang dong yaa...hihihihi


Jadi inget ajaran agamaku, bahwa salah satu pintu rejeki adalah melalui berniaga. Bahkan dengan berniaga bisa menyambung silahturahmi diantara kita.
posted by Colours of Me at 12:51 PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

DILARANG KERAS MENGCOPY/MENIRU TANPA IZIN CELOTEH UPIK.