Celoteh Upik

Monday, January 14, 2008

Risoles Ragout ayam


Minggu pertama Januari ketempatan arisan bapak2 di lingkungan tempat tinggal rumah. Untuk suguhan nya ibu dan aku buat ketan hitam kukus dan risoles ragout ayam.
Libur tahun baru Islam kemarin bikin risoles ragout lagi tapi isinya daging sapi buat cemilan aja di rumah. Bentuk risolesnya standar aja, padahal pengen bikin yg segitiga, apadaya gagal mulu....padahal 2 tahun lalu waktu pertama kali belajar buat risoles ini dengan mba ine, berhasil looh....bikin bentuk segitiga. ternyata emang perlu sering bikin yaaa biar ga lupa caranya.

Resep kulit dan isi risoles ini sama plek dengan yang diajarkan mba ine....bahkan sampe cara buat adonan kulitnya, ikutin cara mba ine, yang katanya 1 resep bisa jadi 20 lembar kulit. Kalo ga salah kemaren dengan 2 resep kulit jadinya 46 lembar (kelebihan dong saya buatnya ya mba ine? )

Ingredients:

Kulit Risoles
-250 gr terigu Cakra kembar
-600 ml air
-1 butir telur antero
-1 sdm minyak goreng ( bisa diganti dgn margarine cair )
-1 sdt baking powder
-garam secukupnya
menurut catatan mba ine: kulit risol biasa ini bisa dipakai untuk sosis solo, timlo solo, american risoles bahkan panekuk)

Ragout ayam
-1 sdm margarine
-50 gr bawang bombai, cincang halus
-100 gr daging ayam rebus, suwir-suwir (bisa pakai daging sapi )
-100 gr wortel, iris dadu kecil2 (1x1x1 mm)
-2 lembar daun bawang, iris halus
-200 cc susu cair
-½ sdt merica bubuk
-½ sdt garam
-2 sdt gula pasir
-½ sdt pala bubuk
-4 sdm tepung terigu (kira2 untuk kekentalannya)
-2 sdm margarine

Directions:

Kulit risol:
Terigu + minyak goreng + garam + baking powder + telur, diaduk dengan sedikit air sampai licin. Mengaduk dengan jari tangan yang seolah2 berfungsi seperti whisker, sambil ditepuk2 supaya rada liat --> kalau liat , kulit risol bisa sangat tipis dan tidak mudah robek.
Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai cukup keketantalannya untuk di dadar di teflon.Pada saat mengaduk adonan, tidak boleh sampai di remas2 , hanya di aduk.

Pada saat mendadar di teflon, harus dalam keadaan panas, ditandai dengan bunyi “nyoossss” pada Teflon, baru tuang adonan, goyang Teflon agar adonan bisa membentuk bulat (sesuai bentuk Teflon),

Ragout ayam:
Tumis bawang bombai dengan 1 sdm margarine dan pala bubuk, sampai bawang layu dan harum pala keluar. Masukkan ayam rebus,wortel,kentang dan daun bawangMasukkan susu cair, merica, garam dan gulaBiarkan sampai mendidih, masukkan terigu yang diayak, aduk adonan sampai kental. Matikan api, masukkan 2 sdm margarine, aduk sampai margarine rata.
(catatan mba ine: Ragout ini bisa untuk isi risoles, kaasflenjes, sus ragout, isi pastry, isi roti tawar, crackers, dll)
Setelah kulit risoles di isi dengan bahan isian, lipat dan panir dengan tepung roti kemudian di goreng. Menyantapnya bisa dengan beberapa pilihan....saus sambal, cabe rawit atau sambal kacang atau sambal ala tanteku.
posted by Colours of Me at 12:07 PM

1 Comments:

Tak coba dulu mba Resep risolesnya

4:43 PM  

Post a Comment

<< Home

DILARANG KERAS MENGCOPY/MENIRU TANPA IZIN CELOTEH UPIK.