Celoteh Upik

Monday, August 27, 2007

Lagi apes

Sepulang kerja Kamis (23 aug 07) kemaren, aku ke ITC ambasador dengan Marina dan mba Lisda. Marina mau cari tally counter utk dzikir. Secara mau outing kantor ke Anyer aku mau ke carrefour beli battery yg bisa di charge untuk kamera ku, cari tally counter dan manset tangan. Mba Lisda cuma mau belanja mata.

Saat akan membayar di kasir carrefour, maksud hati dengan debit BCA, tiba2 aku baru sadar kartu ATM ku tidak ada di dompet. Akhirnya aku membayar cash. Masih berpikir, mungkin kartu ATM ku terselip, aku masih bisa tenang. Saat itu aku benar2 tidak bisa mengingat kapan terakhir aku pakai kartu ATM ku. Secara aku jarang banget ke ATM. Dompet juga jarang di buka. Biasanya aku menyimpan uang utk ongkos sehari2 ke kantor di saku tas atau di dompet recehanku. Dalam perjalanan pulang, aku berusaha keras merewind memory ku ttg kartu itu. Akhirnya aku ingat terakhir aku pakai saat ke carrefour cempaka mas minggu tanggal 19 Aug 2007 lalu. Cuma ga inget setelah itu aku pakai untuk apa lagi.

Sampai di rumah, aku tumpahin isi tas dan isi dompet dan mulai memilah satu per satu isi tas dan dompet itu. Setelah yakin aku periksa semua tapi kartu ATM ku tidak juga ketemu, mulai timbul firasat ga enak. Aku masih tidak merasa kartu ATM ku hilang. Langsung aku telpon Hallo BCA.

Aku bicara dengan petugas Hallo BCA (Pak Helmy) dan menerangkan semuanya. Pak Helmy bilang di hallo BCA ga bisa di cek saldo terakhir. Tapi dia bisa membantu melihat kronologis kartu ATM ku. Penjelasannya bikin aku terpana. Beliau kemudian memberikan urutan2 nya. Sempet kaget aku, karena dia bilang transaksi terakhir tgl 21 Aug 07. Padahal aku yakin banget sejak Senin 20 Aug 07 sampe kamis kemaren aku ga menggunakan kartu ATM ku.

Penuturan Pak Helmy begini:
Tgl 19 Aug 2007 jam 16.42 tempat C4 Cempaka Mas Rp. 127,000 (Debit BCA)
Tgl 19 Aug 2007 jam 17.34 tempat ATM BCA cempaka Mas Rp. 200,000 (Tarik tunai)
Kedua transaksi ini akhirnya bisa merefreh memory ku. Benar, aku memang melakukan kedua transaksi ini. Tapi keterangan berikut bikin aku terpana…bengong … ga percaya.
Tgl 19 Aug 2007 jam 17.35 tempat ATM Cempaka Mas Rp. 1,000,000 (tarik tunai)

Kyaaaaaaaaaaaaaaa……………… OMG … !!!!!

Aku ga ambil uang sebanyak ini hari minggu itu. Perasaan mulai bercampur aduk, bingung, sedih, kecewa, kesal pada diri sendiri, dsb… dsb…. tapi aku masih tekun mendengar penjelasan Pak Helmy.
Selanjutnya, masih pada tgl yg sama di mesin yg lain dicoba tarik lagi
Tgl 19 Aug 07 di mesin ATM Bank lain gagal karena salah PIN (1 kali)
Tgl 21 Aug 07 di coba lagi jam 13.15 mesin ATM Bank lain juga gagal karena salah PIN (2 kali)
(menurut keterangan petugas hallo BCA, jika penarikan di lakukan di mesin ATM selain mesin ATM BCA maka jam yg tercatat di record mereka berbeda 7jam dengan transaksi sebenarnya.

Jadiiii, kemungkinan transaksi di coba lagi jam 6 PAGI….. )

Haaah!!! Ga mungkin aku itu siih.

Ga jadi kebiasaan aku ke ATM pagi2 buta begitu. Jam segitu mah aku baru mandi dan siap2 ke kantor.

Pak Helmy balik bertanya, kartu nya sekarang di simpan ibu?
Aku balik menjawab….lah ya enggak lah pak. Saya kan telpon karena mencari kartu saya.

Pak Helmi bilang…..Ooo… soalnya status kartu ibu sudah blokir karena salah PIN. Tapi bukan blokir kartu.
Otak aku masih belum percaya….masih mencerna penjelasan Pak Helmy dengan perasaan campur aduk. Akhirnya aku blokir kartu biar aman.

Keesokan harinya, Jumat 24 Aug 07, aku urus ATM baru ke BCA Dumer (Duta Merlin). Ketemu dengan CSO dan mulai menjelaskan lagi semua dari awal. Ketika buku tabungan di print, aku di debet lagi Rp. 5,000 sebanyak 3 kali. Yang ternyata ini adalah charge akibat kesalahan PIN sebanyak 3 kali oleh orang itu. Walaaaah…. Sudah di jarah, aku masih pula harus menanggung biaya akibat salah PIN itu. Petugas CSO, Vania, memberitahukan pula padaku bahwa kartu ATM aku di tangan orang itu sudah tertelan di mesin ATM krn salah PIN 3 kali….rasaiiiinnnn……! :p

Sungguh satu pelajaran yang berharga dan mesti diingat2….. Never ever leave your card in ATM machine….!

Pasti orang yang antri persis dibelakang aku yang lagi hoki tuh…. :D Inget pesan bang napi, kejahatan itu terjadi karena ada kesempatan dan peluang. Mungkin orang itu jadi tergoda saat punya peluang dan kesempatan bagus saat itu.

Jadi inget dengan curhat yang kemaren….. meskipun sekali lagi, mungkin ini cuma kebetulan saja. Jangan2 kedutan di mata kanan buat aku artinya emang bakal sedih, bakal ada masalah, hehehe. Kedutan 4 minggu itu puncaknya yaa pas ketauan ATM ku hilang, tuh kedutan ga ada lagi.

Mudah2an aku bisa mengikhlaskan uang itu dan diganti lebih banyak…amien. Siapa tau dia lagi butuh buat biaya berobat atau beli susu anak atau buat bayar sekolah anaknya, supaya berkah deh.

Alhamdulillah, cuma segitu yang diambil....kalo dikuras habis...bisa nangis guling2an deh :(

posted by Colours of Me at 1:24 PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

DILARANG KERAS MENGCOPY/MENIRU TANPA IZIN CELOTEH UPIK.