Celoteh Upik

Friday, August 03, 2007

Al-Hikmah



..... miss you all ukhti ....


Lokasi: Mesjid Al-Hikmah, Jl. Bangka II No. 24 Pela Mampang Jakarta Selatan 12720 Telp: 021 - 7192173


Dalam gambar yang berhasil di ingat :


belakang--> Mba Nani, mba Vera, Ustz. fatima dan Mia (2 orang lagi aku lupa namanya)


duduk------> Wulan, Puput, aku, Rina (yang satu lagi lupa juga )



Ya, di Yayasan Tahfidz Quran Al-Hikmah ini aku belajar tilawah Quran yang baik dan benar atau membaca quran dengan tartil. Di lembaga ini kita diajarkan mengeluarkan huruf sesuai tempat keluarnya agar makhroj nya benar, seperti pronounciation yang benar dalam bahasa Inggris.


Pertama kali mengikuti kelas ini, sempat hopeless... soalnya ternyata susah benar memperbaiki bacaan jika kita sudah terlanjur terbiasa dengan cara mengeluarkan huruf yang salah. Contohnya...dalam bahasa arab huruf Dza harus dibaca Dza , tidak boleh dibaca "Ja" . Atau kita harus bisa membedakan bunyi "ha" yang tebal dan "ha" yang tipis.... Kalo buat aku terutama banget adalah mengucapkan huruf "Dho" ... salaaaah terus kalo udah kebagian huruf ini. Latihan mengucapkan huruf yang benar sesuai makhrojnya, bikin semua mulut murid menjadi mencong2 or monyong ga jelas....hihihihi, pegel deh!


Tapi karena tekad bulat harus bisa baca yang benar berikut rambu2 ttg harokatnya, apakah 2 harokat, 4 harokat atau 6 harokat, ttg tempat yang benar utk berhenti sejenak ketika napas ga kuat lagi, ttg tanda2 yang ada di dalam al-quran sendiri juga banyak...akhirnya aku kuat juga utk ga berhenti di tengah jalan.


Meskipun begitu, on off juga aku belajar di sana. 6 bulan belajar, 6 bulan ga join. 6 bulan ke depan ikutan lagi.... hehehe. Kurang istiqomah yaa. Klo diinget lucu juga, belajar ngaji udah dari kecil, malah pake dipaksa ibu. Giliran udah bangkotan gene, eeh...malah dicari sendiri tempat belajar yang dirasa paling enak. Secara jauh, perlu pagi2 bagnet berangkatnya...tapi ga ada perasaan terpaksa sama sekali. Memang enaknya melakukan sesuatu itu karena tertarik dari diri sendiri yaa. Biarpun susah tetep ga ngerasa jadi beban.


Selain soal niat, kendalanya emang ada aja...

Pertama kali join aku ambil kelas Tahsin yang jam 8.30 pagi. Kendala nya kalo ada lembur sabtu di kantor atau ada undangan pernikahan atau kegiatan lain yg mulai nya jam 10 ke atas, aku jadi bolos ngaji. Giliran aku nekat ambil kelas jam 06.00 pagi.....haaaaaa, rasanya pagi banget buat berangkat. Aku berani ambil jam 6 pagi karena ngandelin ayah buat nganterin dengan naik motor. Karena tergantung sama ayah....jadi rada repot. Soalnya, giliran ayah mutung nganter, aku jadi bolos juga. Kalo udah ketinggalan 2 atau 3 kali pertemuan....jadi males deh nerusin, soalnya ketinggalan nya jauh banget. Sayang banget yaah, mampang jauh bener dari klender....hehehe, kalo ga...pasti acara sabtu gw lebih indah lagi, secara dimulai dengan ngaji gitu looo.


Aku mulai belajar dari program Tahsin. Program ini untuk mereka yang sudah bisa membaca al-quran dan berniat membetulkan bacaannya. Jadi, bagi yang sudah mengenal huruf, sudah bisa membaca huruf arab yang di sambung....di sinilah kelasnya. Kalo belum bisa bisa.....kayaknya sekarang ada program dibawah tahsin. Seperti iqro gitu deh. Sementara untuk yang sudah lulus tahsin tapi masih belum mantep, ada kelas Takhosus. Kelas ini diperuntukan bagi mereka yang sudah menempuh tahsin tapi masih ingin dimantapkan. Selanjutnya ada kelas Tahfiz, kelas bagi mereka yang ingin menghafal al-quran. Setiap kelas, masa belajarnya 6 bulan yang pada akhir masa belajar ada ujiannya. Ada ujian tertulis, ada ujian membaca juga ujian menghafal buat yang kelas tahfiz. Sistem dan metode belajarnya mampu membuat kita paham dan bisa disiplin memabca quran. Karena kita dapet buku pantauan baca quran....yang harus kita isi. Misalnya hari ini baca berapa ayat atau berapa halaman. besok berapa, lusa berapa , dst. Mirip buku pantauan sholat buat anak SD. Pokoknya menurut aku, rekomended deh utk belajar tilawah. Makanya, meskipun jauh, masih tetep berharap bisa belajar lagi di sana, buat bekal tabungan akhirat aku.


Semoga aku masih bisa join di kelas takhosus lagi tahun depan.











posted by Colours of Me at 10:54 AM

1 Comments:

kok ga ada cowoknya...bikin males aaah cewe smua...kurang semangat...huahahahahahaha yang bikin hopeless tuh kaga cowonya huehehehehe

7:28 PM  

Post a Comment

<< Home

DILARANG KERAS MENGCOPY/MENIRU TANPA IZIN CELOTEH UPIK.